BERITA BERKAS LEGAL OFQUAL QUALIFICATION SELAMA COVID-19

Trinity College London adalah sebuah badan penyelenggara ujian bersertifikasi dengan latar belakang legalitas hukum yang jelas dan dapat dipertanggung jawabkan. Penetapan Sistem Kualifikasi dari Badan Pemerintah Edukasi London UK bukan hanya bekerja dan dikenal secara global namun dapat diterapkan secara internasional. Sehingga segala keputusan mengenai materi ujian yang sudah disusun sedemikian rupa merupakan elemen penting yang sudah terlindungi secara legal.

 

Pada masa selama situasi covid 19 ini, tim manajemen dan tim akademis TCL London telah bekerja dan berjuang maksimal untuk sebuah solusi digital yang memungkinkan bagi semua karena adanya social/physical distancing yang diwajibkan oleh Badan Kesehatan dari setiap negara.

 

Sistem penilaian ini disebut dengan Ofqual’s Extraordinary Framework yang kemudian memungkinkan untuk segala bentuk organisasi untuk mengolah hasil ujian online (digital) secara legal tanpa harus menjalani ujian temu muka (live exam) seperti biasanya.

 

Khusus ujian Musik (dan Drama) artinya peserta ujian boleh hanya degan memberikan sebuah video recording performance sebagai bagian aspek ‘ujian resital’ dari Grade Exam (dan Diploma). Yang kemudian Trinity mampu mengolah video recording ini sebagai bukti dan sumber penilaian yang sah.   Setiap peserta ujian yang lulus ujian digital ini akan menerima kualifikasi penuh (dari Ofqual) dan khusus bagi mereka yang tingkat advance Grade 6-8 akan menerima UCAS Points.

 

Legalisasi yang diterima adalah di dalam bentuk stempel sah yang terdapat dari masing-masing sertifikat, penjelasan stempel tersebut sudah dimuat khusus di website ini tinggal klik di sini https://www.i-mec.id/sertifikasi/bentuk-sertifikat

 

CARA PENILAIAN

 

Metode penilaian yang dipakai untuk ujian Musik (dan Drama) adalah yang disebut dengan ‘construct coverage’. Artinya, segala aspek dan komponen sebuah penampilan (performance) akan dianggap seperti ‘ujian resital’ yang diharapkan akan mendemonstrasikan semua keahlian penampilan (performance) yang diperlukan untuk memenuhi seluruh kriteria penilaian yang diperlukan, selayaknya seperti ujian biasa dengan elemen ujian lainnya (misalnya supporting test). Sehingga dari hasil penampilan (performance) tersebut, penguji masih mendapatkan tolak ukur yang sesuai standar menggunak nilai skor 0-100 seperti yang biasanya dilakukan.

 

Untuk informasi lebih lengkapnya silakan mengunjungi Trinity Website tinggal klik di sini:

https://www.gov.uk/government/publications/extraordinary-regulatory-framework-vtq-covid-19-conditions-and-requirements

 

Untuk melihat dokumen legal mengenai sertifikasi ujian yang sah semasa covid-19 dapat dilihat di sini: https://www.gov.uk/government/publications/extraordinary-regulatory-framework-vtq-covid-19-conditions-and-requirements